Jumat, 26 November 2010

BALAP CHARIOT

Balap chariot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Balap chariot
Balap chariot (bahasa Yunani: ἁρματοδρομία/harmatodromia, bahasa Latin: ludi circenses) adalah salah satu olahraga paling populer di Yunani Kuno, Romawi, dan Bizantium. Balap chariot merupakan olahraga yang berbahaya, karena dapat menyebabkan cedera (bahkan kematian) bagi kusir dan kuda. Akan tetapi, olahraga ini membangkitkan semangat penonton.
Olahraga ini dipertandingkan dalam ajang olimpiade kuno.

Pacuan kuda thoroughbred

Thoroughbred horse racing adalah olahraga dan industri dunia, diatur oleh berbagai badan nasional. Ada dua bentuk olahraga, yaitu flat racing dan jump racing. Jump racing dapat dibagi menjadi hurdling dan steeplechasing.
Biasanya kuda pacu dimiliki oleh sejumlah kecil orang kaya. Namun sekarang ini juga lazim dimiliki oleh beberapa orang. Contohnya adalah pemenang 2005 Epsom Derby Motivator yang dimiliki oleh Royal Ascot Racing Club, dan Soviet Song, pemenang group 2 race di Royal Ascot 2006, dimiliki oleh Elite Racing Club.
Seekor kuda berpacu dengan warna unik dari pemiliknya. Warna ini harus didaftarkan secara nasional dan dua pemilik tidak boleh mempunyai warna yang sama. Hak milik warna tertentu ("cherished colours") dihargai sama halnya dengan nomor plat mobil unik. Misalnya Sue Magnier (pemilik George Washington, Galileo, etc.) membayar £50,000 untuk warna biru tua. Bila seorang pemilik mempunyai lebih dari satu kuda dalam satu pacuan, beberapa warna variasi lain digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar